LITERATURE REVIEW vs SUMMARY

      Menurut saya Literature Review merupakan  uraian  tentang teori, temuan dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari berbagai sumber (jurnal, buku, website, dan lainnya) untuk dijadikan landasan/acuan dalam menyelesaikan  rumusan masalah pada penelitian yang kita buat. Tentu saja, ada beberapa definisi lainnya mengenai Literature Review. Menurut sumber yang saya ambil dari presentasi Bapak Yudi Agusta, PhD tahun 2007 mengenai Metode Penelitian :Literature Review is a critical analysis of the research conducted on a particular topic or question in the field of science yang artinya Literature Review merupakan analisa kritis dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik khusus atau berupa pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan.Literature Review membantu kita dalam menysusun kerangka berfikir yang sesuai dengan teori, temuan, maupun hasil penelitian sebelumnya dalam  menyelesaikan rumusan masalah pada penelitian yang kita buat. Menurut Castetter   dan   Heisler   (1984,   hal.   38-43) menjelaskan bahwa tinjauan pustaka mempunyai enam kegunaan, yaitu :

(1)    mengkaji sejarah permasalahan;

(2)    membantu pemilihan prosedur penelitian;

(3)    mendalami landasan teori yang berkaitan dengan permasalahan;

(4)    mengkaji kelebihan dan kekurangan hasil penelitian terdahulu;

(5)    menghindari duplikasi penelitian; dan

(6)    menunjang perumusan permasalahan.

 

            Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam melakukan Literature Review dari presentasi Bapak Yudi Agusta, PhD tahun 2007 mengenai Metode Penelitian :

  1. Membaca tulisan-tulisan ilmiah terkait
  2. Mengevaluasi semua tulisan ilmiah yang dibaca
  3. Membuat summary publikasi-publikasi tersebut
  4. Menggabungkan menjadi satu cerita ilmiah yang lengkap mengenai suatu permasalahan.

 

Sedangkan menurut Webster dan Watson (2002) berikut ini merupakan langkah-langkah dalam melakukan Literature Review :

  1. Secara umum, proses diawali dengan melakukan identifikasi literatur yang relevan. Artikel relevan lain juga bisa dikumpulkan dengan melihat daftar referensi yang digunakan oleh artikel yang sudah kita temukanKita bisa gunakan kata kunci atau kombinasi kata kunci untuk mengumpulkan artikel.
  2. Mengembangkan kerangka atau framework yang akan kita gunakan untuk mengkategorisasikan artikel. Pengelompokkan juga bisa dilakukan berdasar serangkaian konsep, misal selain terkait dengan tema penelitian, juag dilakukan berdasar epistemologi penelitian, metode penelitian, unit analisis, atau yang lainnya
  3. Mendiskusikan apa yang sudah dilakukan oleh penelitian sebelumnya dan apa yang belum. Identifikasi ini akan memberikan daftar agenda penelitian yang bisa dilakukan pada masa akan datang

 

         Berdasarkan sumber yang saya ambil dari http://publikasiinternasional.wordpress.com/2012/04/07/melakukan-literature-review/ apabila Literature Review tidak dilakukan dengan baik (memadai) maka dapat menyebabkan duplikasi penelitian. Hal ini seperti mendesain kembali roda yang sudah ditemukan orang lain ratusan tahun lalu.  Inilah pentingnya Literature Review.

 

Perbedaan Literature Review dengan Summary.

Menurut saya sendiri summary adalah penjelasan singkat dari suatu wacana utuh (buku, jurnal, dan lainnya). Sumber yang saya ambil dari http://biefirst.blogspot.com/2009/10/pengertian-ringkasan.html  mendefinisikan summary sebagai penyajian singkat dari suatu karangan asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsional tetap di pertahankan dalam bentuknya yang singkat atau suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Hal ini tentu sangat berbeda dengan Literature Review. Menurut saya sendiri perbedaannya adalah :

  1. Pada Literature Review, kita mencari teori, informasi, maupun penelitian dari berbagai sumber untuk nantinya digabungkan menjadi satu cerita ilmiah baru yang mendukung penelitian yang kita lakukan. Sedangkan summary hanya sebatas penjelasan singkat dari apa yang kita baca (buku, informasi, jurnal maupun lainnya).
  2. Pada Literature Review akan dibahas korelasi antara sumber yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan pada Summary hal demikian tidak dibahas.
  3. Summary merupakan salah satu cara kita dalam melakukan Literature Review yaitu membuat penjelasan singkat dari berbagai sumber yang kita baca. Dapat dikatakan di sini bahwa summary itu adalah  salah satu tools dalam menyusun Literature Review.

 

Hal tersebut di atas yang menurut saya sebagai pembeda antara Literature Review dan Summary.

 

Sumber :

  1. Castetter, W. B.; dan R. S. Heisler. 1984. Developing and Defending A Disertation Proposal. Graduate School of Education, University of Pennsylvania, Philadelphia, Pennsylvania.
  2. http://biefirst.blogspot.com/2009/10/pengertian-ringkasan.html dikases pada 13 Oktober 2012
  3. http://mpkd.ugm.ac.id/weblama/homepageadj/support/materi/metlit-i/a05-metlit-tinjauan-pustaka.pdf dikases pada 13 Oktober 2012
  4. http://publikasiinternasional.wordpress.com/2012/04/07/melakukan-literature-review/ dkases pada 13 Oktober 2012
  5. Leedy, Paul D. 1997. Practical Research: Planning and Design. Sixth Edition. Prectice Hall, Upper Saddle River, New Jersey. Chapter 4: “The Review of the Related Literature”, hal. 71-91
  6. Webster, J., dan Watson, R. T. (2002). Analyzing the past to prepare for the future: Writing a Literature Review. MIS Quarterly, 26(2), xiii-xxiii.

Leave a comment